Saturday, July 18, 2020

Tentang Qodo' dan Qodar

Tentang taqdir ada 2 hal yang mesti diimani, yaitu qodho' dan qodar.....

Qodar itu jatah, yaitu segala sesuatu yang sudah ditakar berdasarkan takaran Tuhan kepada kita. Adapun qodho' itu adalah "jalan cerita" untuk sampai ke jatah tersebut, yaitu ikhtiar-ikhtiarmu.

Ketika jatahmu adalah kaya, misalnya, maka qodho' atau amalmu akan membawamu ke sana. Bisnis-bisnismu lancar. Dan nyaris tak ada persoalan yang berarti. Semua masalah bisa teratasi dengan mudah. Artinya semua itu butuh action. Sekecil apapun action-mu itu.

Mungkin ada pikiran yang protes. Enak dong ada orang kaya karena bapaknya kaya. Jadi dia terima warisan bisnis dan lain-lain. Nah, itu juga bagian dari qodho' dan juga qodar. Keadaan seseorang harus dipandang dengan pemahaman yang utuh atas qodho' dan qodarnya.

Saya punya contoh yang mungkin ini lebih memudahkan dalam menerima konsep qodho' dan qodar. Ini contoh yang dekat dengan kita. Yaitu Indomaret atau Alfamart. Mereka punya properti dan SOP yang sama. Properti dan SOP anggaplah itu qodho'. Lalu apa qodarnya? Omset harian atau bulanan mereka.

takdir qodo qodar


Meskipun mereka punya action yang sama, dengan kondisi permulaan yang sama, namun jatah mereka berbeda. Omset mereka pasti berbeda-beda. Itulah jatah atau qodar mereka masing-masing.

Contoh lagi. Ingat saat kita sekolah. Kita dan teman-teman belajar sama kerasnya. Tapi di akhir semester kita menerima rapor dengan kenyataan ada yang ranking 1, 2, 3. Ranking itulah jatah masing-masing termasuk yang rangking  dari belakang hahaha..

Pertanyaannya, kalo kamu sudah tau jatahmu di kehidupan akherat nanti adalah ahli neraka, apakah kamu masih sujud, shalat dan melakukan ibadah-ibadah yang lain?

Renungkan! Maka kita akan sampai kepada makna CINTA dan IKHLAS....insyaAllah.

Wallahu a’lam

No comments:

Post a Comment